Rabu, 04 Mei 2011 | By: fransisca vina wijaya

Pidato "Bersahabat dengan Matahari"

Nama : Fransisca Vina Wijaya

Kelas : XII IPA 1

Nomor : 20

Judul Pidato : Ayo, Bersahabat dengan Matahari.

Yth. Bapak/Ibu Guru SMA Xaverius 1 Palembang

Siswa siswi SMA Xaverius 1 Palembang yang saya banggakan

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan yang Maha Esa karena atas berkat rahmat-Nyalah, pada pagi hari ini, kita dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat. Pada hari yang cerah ini, saya tak lupa mengucapkan terima kasih kepada hadirin yang telah bersedia hadir.

Bapak/Ibu Guru, serta murid-murid semua,

Pada kesempatan yang baik ini, saya ingin mengingatkan kita semua tentang kondisi lapizan ozon bumi kita tercinta yang kian menipis. Akibatnya, panas di bumi semakin meningkat. Banyak masyarakat yang tidak nyaman dengan terik matahari dan tidak sedikit dari mereka mengeluh dengan kondisi ini. Secara khusus dalam kesempatan ini, saya mengajak kita semua untuk bersahabat dengan matahari. Daripada mengeluh terus-menerus, bukankah kita lebih baik mengambil sisi positif dari energi surya ini dan memanfaatkannya.

Energi memang menarik untuk dibicarakan saat ini. Kita semua tahu dengan jelas bahwa suatu hari di masa yang akan datang, energi akan habis. Jadi, energi adalah salah satu tantangan yang akan kita hadapi pada abad ke-21 ini. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Prof. Ricards Smalley dari Rice University, masalah terbesar yang akan dihadapi oleh umat manusia untuk 50 tahun mendatang adalah energi. Hal ini dibuktikan dengan adanya data yang menunjukkan bahwa sejak tahun 2002, energi fosil seperti minyak bumi akan habis dalam 40 tahun mendatang. Gas alam akan habis dalam waktu kurang dari 60 tahun dan 200 tahun untuk batubara.

Tidak dapat dipungkiri, kelemahan manusia di masa lalu dan masa kini adalah ketidakmampuan untuk mengatur sumber daya alam secara baik. Namun dengan semakin menipisnya sumber energi di dunia, banyak ahli maupun peneliti yang berusaha memperbaharui sumber energi dengan bantuan kemajuan teknologi tentunya. Sekarang, banyak energi alternatif yang ditawarkan, salah satunya adalah enerfi matahari atau yang biasa disebut sel surya.

Sel surya merupakan alternatif energi yang potensial. Kemudian pertanyaan yang mungkin muncul di benak kita adalah Mengapa penggunaan sel surya merupakan altenatif yang paling potensial? Alasannya adalah matahari merupakan sumber energi alami jangka panjang. Sel surya merupakan yang paling berpotensi untuk memperoleh energi dari matahari dan mengubah energi ke energi listrik dengan efisiensi konversi tertinggi. Sehingga dapat menghasilkan daya permanen tinggi dengan biaya operasi yang seminimal mungkin dan yang pasti bebas polusi.

Beberepa keuntungan dapat kita peroleh dari energi panas matahari ini, tetapi kerugian energi ini pun tidak dapat dihindari. Sel surya menguntungkan manusia, pertama karena energi ini tersedia hampir diseluruh bagian permukaan bumi dan tidak habis. Kedua, penggunaan energi panas matahari tidak menghasilkan polutan dan emisi yang berbahaya baik bagi manusia maupun lingkungan. Kemudian, energi panas matahari dapat digunakan untuk pemanas air, pengeringan hasil panen,dll sehingga dapat mengurangi kebutuhan akan energi fosil.

Di lain sisi, kerugian dari penggunaan energi panas matahari antara lain: Membutuhkan lahan yang sangat luas yang seharusnya digunakan untuk pertanian, perumahan, dan kegiatan ekonomi lainya. Hal ini karena rapat energi matahari sangat rendah; Lapisan kolektor yang menyilaukan bisa mengganggu dan membahayakan penglihatan, misalnya penerbangan; Sistem hanya bisa digunakan pada saat matahari bersinar dan tidak bisa digunakan ketika malam hari atau pada saat cuaca berawan.

Penggunaan solar energi sesungguhnya sudah lama ada, contohnya dalam skala kecil, sel surya telah digunakan dalam kalkulator. Namun, akhir-akhir ini banyak ahli mengembangkan teknologi untuk menggunakan sel surya secara lebih efektif dalam skala yang lebih besar. Misalnya, pemanas air di perumahan yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Penyediaan air panas sangat diperlukan oleh masyarakat, umumnya untuk mandi. Penyediaan air panas ini memerlukan biaya yang besar karena harus tersedia sewaktu-waktu dan biasanya untuk memanaskan digunakan energi listrik. Namun, dengan menggunakan pemanas air tenaga surya maka hal ini bukan merupakan masalah karena pemanasan air dilakukan dengan menyerap panas matahari dengan menggunakan kolektor sehingga tidak memerlukan biaya bahan bakar.

Prinsip kerjanya adalah panas dari matahari diterima oleh kolektor yang terdapat di dalam terdapat pipa-pipa berisi air. Panas yang diterima kolektor akan diserap oleh air yang berada di dalam pipa sehingga suhu air meningkat. Kolektor yang digunakan adalah kolektor surya plat datar yang bagian atasnya terbuat dari kaca yang berwarna hitam redup sedangkan bagian bawahnya terbuat dari bahan isolator yang baik sehingga panas yang terserap kolektor tidak terlepas ke lingkungan. Air panas di dalam kolektor bisa mencapai 820 C sedangkan air panas yang dihasilkan tergantung keinginan karena sistem dilengkapi pengontrol suhu.

Lain halnya dengan penggunaan panas matahari sebagai pembangkit listrik. Walaupun prinsipnya hampir sama dengan pemanasan air hanya saja pada pembangkitan listrik, sinar matahari diperkuat oleh kolektor pada suatu titik fokus untuk menghasilkan panas yang sangat tinggi bahkan bisa mencapai suhu 38000 C. Pipa yang berisi air dilewatkan tepat pada titik fokus sehingga panas tersebut diserap oleh air di dalam pipa. Panas yang sangat besar ini dibutuhkan untuk mengubah fase cair air di dalam pipa menjadi uap yang bertekanan tinggi. Uap bertekanan tinggi yang di hasilkan ini kemudian digunakan untuk menggerakkan turbin uap yang kemudian akan memutar turbo generator untuk menghasilkan listrik.


Hadirin yang saya hormati,

Berdasarkan penjelasan ini, ternyata ada banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari panas matahari bagi kehidupan kita sehari-hari. Mengakhiri sambutan ini, sekali lagi saya mengajak hadirin semua untuk bersahabat dengan matahari. Marilah bersama-sama kita selamatkan bumi kita dengan memanfaatkan energi alam yang ada seefektif mungkin, demi kesejahteraan hidup bersama dan kelangsungan hidup generasi yang akan datang. Akhir kata, saya berharap agar sambutan ini semakin meyadarkan kita akan pentingnya mengatur penggunaan energi dalam kehidupan dan ternyata ada satu alternatif energi yang cukup berpotensial untuk kita gunakan yaitu energi surya.

Semoga Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa melindungi kita semua. Terima kasih atas partisipasi semua pihak dan mohon maaf apabila ada perkataan yang salah dan kurang berkenan di hati hadirin sekalian. Selamat pagi.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

makasih yaa :)

Unknown mengatakan...

SAMA SAMA KAKAK

Unknown mengatakan...

APAHKA KAMU PUNYA PR

Posting Komentar